nusakini.com Anggota Komisi III Junimart Girsang, Rabu, (22/6/2016) kemarin, mengatakan, proses pencalonan Komjen Tito Karnavian menjadi Kapolri memasuki tahap akhir. Dijadwalkan Kamis, (23/6/2016), Tito bakal menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR RI. 

"Besok (hari ini) fit and proper test kepada beliau. Setelah itu akan kita plenokan, apakah lolos atau tidak," ungkap Junimart usai kunjungan ke rumah dinas Tito, Rabu, 22 Juni kemarin. 

Rencananya, uji kelayakan dan kepatutan bagi mantan Kapolda Metro Jaya itu digelar mulai pukul 10.00 WIB hingga 16.00 WIB. Komisi III akan langsung mengambil keputusan lolos atau tidaknya Tito pada pukul 20.00 WIB. 

Hasil keputusan itu akan dibawa pada rapat paripurna terakhir sebelum lebaran yang diperkirakan dilaksanakan pada Selasa, 28 Juni mendatang. Setelah itu, hasil paripurna penunjukan Tito akan diserahkan ke Presiden Joko Widodo. 

Politikus PDI Perjuangan itu meramalkan pada uji kelayakan dan kepatutan nanti akan berjalan tanpa hambatan. Sebab, sosok yang sempat menjabat sebagai Kepala Densus 88 itu dianggap sudah teruji.(ifm/mk)